Skip to main content

Si Kecil Yang Terlupakan (Hardware)

Si Kecil Yang Terlupakan (Hardware)
Bigsmile Bigsmile Bigsmile

Nih Penampakannya :
Quote:[img][Image: cmos.jpg][/img]
Pada tahu kan itu apa ???Ngakak Ngakak Ngakak

CMOS
Quote:Complementary metal–oxide–semiconductor (CMOS) atau semikonduktor–oksida–logam komplementer, adalah sebuah jenis utama dari rangkaian terintegrasi. Teknologi CMOS digunakan di mikroprosesor, pengontrol mikro, RAM statis, dan sirkuit logika digital lainnya. Teknologi CMOS juga digunakan dalam banyak sirkuit analog, seperti sensor gambar, pengubah data, dan trimancar terintegrasi untuk berbagai jenis komunikasi. Frank Wanlass berhasil mematenkan CMOS pada tahun 1967 (US Patent 3,356,858).

CMOS juga sering disebut complementary-symmetry metal–oxide–semiconductor or COSMOS (semikonduktor–logam–oksida komplementer-simetris). Kata komplementer-simetris merujuk pada kenyataan bahwa biasanya desain digital berbasis CMOS menggunakan pasangan komplementer dan simetris dari MOSFET semikonduktor tipe-p dan semikonduktor tipe-n untuk fungsi logika.

Dua karakter penting dari CMOS adalah kekebalan desahnya yang tinggi dan penggunaan daya statis yang rendah. Daya hanya diambil saat transistor dalam CMOS berpindah diantara kondisi hidup dan mati. Akibatnya, peranti CMOS tidak menimbulkan bahang sebanyak sirkuit logika lainnya, seperti logika transistor-transistor (TTL) atau logika NMOS, yang hanya menggunakan peranti tipe-n tanpa tipe-p. CMOS juga memungkinkan chip logika dengan kepadatan tinggi dibuat.

Kalimat "metal–oxide–semiconductor" atau semikonduktor–logam–oksida adalah sebuah sebutan pada struktur fisik beberapa transistor efek medan, memiliki gerbang elektroda logam yang terletak diatas isolator oksida logam, yang juga berada diatas bahan semikonduktor. Aluminium digunakan pertama kali, tetapi sekarang digunakan bahan polisilikon. Gerbang logam lain dibuat seiring kedatangan material dielektrik permitivitas tinggi didalam proses pembuatan CMOS, seperti yang diumumkan oleh IBM dan Intel untuk node 45 nanometer dan lebih kecil

Detail Teknis
Quote:"CMOS" merujuk pada desain sirkuit digital tertentu, dan proses-proses yang digunakan untuk mengimplementasikan sirkuit tersebut dalam rangkaian terintegrasi. Sirkuit CMOS memboroskan lebih sedikit daya saat statis, dan memungkinkan penempatan sirkuit yang lebih padat daripada teknologi lain yang mempunyai fungsi sama. Saat keuntungan ini menjadi lebih diinginkan, proses CMOS dan variannya mendominasi sirkuit digital terintegrasi modern.

Sirkuit CMOS menggunakan kombinasi MOSFET tipe-n dan tipe-p untuk mengkonstruksi gerbang logika dan sirkuit digital yang ditemui di komputer, peralatan komunikasi, dan peralatan pemroses sinyal. Walaupun logika CMOS dapat dibangun dari komponen terpisah (seperti pada proyek pemula), biasanya produk CMOS adalah rangkaian terintegrasi yang terdiri dari jutaan transistor pada sepotong silikon seluas antara 0,1 hingga 4 sentimeter persegi. Peranti tersebut biasanya disebut dengan chip, sedangkan untuk perindustrian juga disebut dengan die (tunggal) atau dice (jamak).


Manfaatnya :

Quote:Manfaat CMOS menurut TS menyimpan settingan tanggal dan waktu serta berbagai pengaturan pada BIOS...pada saat komputer/laptop kita dimatikan.


Sekian thread dari saya semoga bermanfaat Ngakak Ngakak Ngakak

Comments

Popular posts from this blog

Install Web Server

Install Web Server Hemat Resource menggunakan Nginx+PHP+MySQL+Debian Mau share tutor cupu nih, biar saya gak lupa. Ehmm... temen2 mungkin udh gak asing lg ama Apache, apalg yg terbiasa pake web server instant (XAMPP). Tp tau gak, klo Apache itu sangat boros resource!. Buat yg punya budget gede sih gak masalah bisa beli server dng spek tingging, tp gmn dng yg budgetnya pas2an seperti saya ini? mau gak mau harus cari akal. Salah satunya adalah menggunakan Nginx. Berikut tutornya. NOTE: Saya menggunakan Debian utk OS nya, utk OS/distro lain belum coba. Warna merah: adalah error yg mungkin terjadi saat installasi Warna biru: adalah file2 penting atau lokasi penting yg harus di edit/tambah Code: code spoiler : adalah perintah2 yg saya ketikan FAQ QUESTION: Kenapa gak pake XAMPP aja yg praktis??? ANSWER: Klo mau yg instant terus, kapan belajarnya... jng manja :) Bismillah... ******************************************************************************** ​*

DOXING, TEKNIK LAIN UNTUK HACKING PASSWORD

Doxing adalah proses mendapatkan informasi tentang seseorang dengan menggunakan sumber-sumber di Internet menggunakan skill lainya. Doxing berasal dari kata "Dokumen" yang di singkat yakni pengambilan "Dokumen" pada seseorang atau perusahaan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi pribadi secara online. Metode yang paling populer adalah melalui website yang disebut Pipl . Pipl memungkinkan Anda untuk mencari nama lengkap, email, nama pengguna dan bahkan nomor telepon sekalipun. Sehingga membuat Pipl menjadi alat yang sangat berguna untuk hacker. Sumber lain hacker dapat digunakan adalah melalui situs jejaring sosial Facebook . Tetapi kebanyakan hacker tidak menggunakan Facebook untuk pencarian nama, mereka hanya menggunakannya untuk pencarian alamat email-nya, karena nama sering di singkat atau di palsukan. Tujuan utama Doxing adalah untuk menemukan alamat email target. Sebab, Email pada dasarnya berfungsi sebagai paspor saat mendaftar di s

cara menginstall Video Controller (VGA Compatible) tanpa harus beli baru

cara menginstall Video Controller (VGA Compatible) tanpa harus beli baru ... gw teringat pas gw lagi instal ulang laptop,, pas abis instal gw check semua device2 yg ada...!! ternyata "Video Controller (VGA Compatible) n' Video Controller" gw itu g ada graphics controller na... gara2 saking kesel na mau main game online dan g ada VGA na,, akhir na gw browsing ja buat DL device/driver na,, akhir na gw nemuin juga deh tuh yg buat Win XP...!! gw DL device na,, dan ternyata g harus beli baru...!! ok mau tau kan gmn cara na...?? langsung ja deh....^^ 1. kita browsing dlo lewat google dengan kata kunci: free download VGA compatible for Windows XP/Vista/windows 7 <--- pilih deh tuh salah 1 windows yg dpake ma kalian... nah klo dah ketemu cari yg mau kalian DL,, klo gw sih langsung ambil dr browser download yg dr intel yg muncul lewat google... XP link na: DOWNLOAD CENTER INTEL 2. klo dah ketemu,, kita ambil dan download yg memang untuk windows yg