Skip to main content

Tutorial membuat anti virus menggunakan Visual Basic

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

1

SEPUTAR ANTIVIRUS, KONSEP DAN PENGERTIANNYA

Pengertian Anti Virus Anti virus adalah program yang dapat menangkap, mengidentifikasi dan menghancurkan virus. Program antivirus terbagi 3, yaitu: a. Fix Sebuah program yang dapat mendeteksi dan menghancurkan hanya satu virus. Harus dijalankan terlebih dahulu kemudian program akan mencari dan menghapus virus tertentu. Contohnya : Fixnimda (dari NAV), FixCodered (dari NAV), dll. b. Antidot Sebuah program yang dapat menangkap, mendeteksi beberapa jenis virus dan menghapusnya. Sama seperti program fix, harus dijalankan terlebih dahulu kemudian akan mencari file yang terinfeksi maupun file virus tertentu Contohnya : Wedash Anti Dot 2004.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

1

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

c. Antivirus Sebuah program yang dapat menangkap, mendeteksi dan menghapus banyak jenis virus. Dapat otomatis menangkap file yang terinfeksi dan menghapusnya. Contohnya : Norton Antivirus, McAfee Antivirus.

Konsep Membuat Antivirus
Untuk membuat sebuah antivirus, posisikan diri anda sementara bukan sebagai programmer terlebih dahulu tapi sebagai seorang Polisi atau dokter. HAH?Cara macam apa lagi tuh mas??? Iya pokoknya ikuti dulu deh ntar pasti setelah membaca jadi mengerti kok, okeh!!! Untuk dapat memahami suatu penyakit seorang dokter harus tahu bagaimana penyakit tersebut menular dengan cara apa, merusak jaringan syaraf yang mana, atau akan berakibat buruk pada anggota tubuh yang mana..tul gak? Baru dia dapat membuat obatnya. Okeh langsung kita masuk ke contohnya aja yah. Misalnya anda seorang dokter dan menemukan sebuah virus Influensa. Anggap juga anda belum tahu virus influensa itu menular dari mana, berakibat buruk ke anggota tubuh yang mana dan mempengaruhi jaringan syaraf yang mana juga. Otomatis anda akan meminta seorang sukarelawan untuk percobaan virus tersebut. Tapi kalo gak ada sukarelawan gimana donk mas ??? Hmmm… ya mau gak mau virus

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

2

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

tersebut harus dicoba di badan anda sendiri..hihihihihi… Nah setelah anda menemukan sukarelawan (mm.. sebut saja namanya Sukro) otomatis anda akan memasukkan virus influensa tersebut ke dalam badan si sukarelawan. Wadoh…si Sukro tiba – tiba meler (ingusan), bersin bersin dan badannya meriang. Jangan panik jangan panik… sekali lagi anda seorang dokter di sini. Anda mencatat dan mengamati kondisi si Sukro. menyerang saluran Ternyata virus influensa makanya hidung si pernafasan,

sukarelawan belepotan dengan ingus. Virus influensa juga menyerang sistem kekebalan tubuh, makanya badan si Sukro lemas, panas dan meriang. Huatchim… HuaSyimmmm!!!! Tiba – tiba anda bersin – bersin. Wadooohhh ada apa ini. Ternyata virus tersebut menular lewat udara. Jadi ketika si Sukro bersin – bersin dan berbicara, anda menghirup kuman yang tersebar di udara. Sekali lagi jangan panik. Anda ikutan menggigil, meriang dan batuk – batuk. Setelah anda mengetahui tanda –tanda tersebut anda meramu sebuah obat, yang diambil dari akar rumput liar, kuning telur dan satu kantung lada. Anda tumbuk bahan tersebut kemudian direbus. Dan anda meminum ramuan tersebut. Huahhhh!!!! Ternyata anda tambah bersin – bersin dan meriang. Anda tidak menyerah, sebagai seorang dokter yang ternama anda terus mencoba menemukan obat virus influensa.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

3

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Ramuannya anda ganti, menjadi akar lengkuas, putih telur dan jahe. Setelah anda tumbuk, anda rebus bahan – bahannya, air rebusan tersebut anda minum …. HOREEEEEE!!! ternyata anda sembuh, langsung deh anda minumkan ramuan tersebut kepada si Sukro yang sudah sekarat karena virus influensa tadi dan ternyata sembuh juga. Wuahhh seneng sekali, akhirnya anda menemukan obat virus influensa. Cerita di atas jika dihubungkan dengan pembuatan antivirus hampir sama, coba kita lihat. Anda seorang programmer yang sangat tahu tentang sistem komputer. Suatu hari anda menemukan virus komputer. Mau tidak mau anda mencari komputer sukarelawan kan, sebut saja anda meminjam komputer si Sukro tadi. Anda langsung mengcopy file virus yang ditemukan tadi dan langsung menjalankannya di komputer si Sukro. Wadoh… Sukro mencak – mencak karena komputernya ternyata dijadikan bahan percobaan virus. “ Tenang Sukro jangan panik, kamu tahu reputasi saya kan… saya adalah programmer yang tau banyak tentang sistem komputer, tenang yah.” , begitu sahut anda. Kemudian anda mencoba menjalankan program regedit, wadoh ternyata tidak bisa. Malah muncul gambar sbb:

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

4

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Gambar 1.1Pesan Blok Regedit di Komputer Sukro Ternyata virus mem- blok aplikasi regedit. Kemudian anda menjalankan msconfig, wadoh ternyata tidak bisa juga. Anda meng-klik suatu folder, loh kok malah ke folder My Documents, padahal anda mengklik folder bernama Windows. Oke kalo gitu, anda mencoba melihat Folder Option-nya di Windows Explorer pada menu tools, LOH..KOK NGGAK ADA NEH???

Gambar 1.2 Folder Option di Kompie Sukro gak kliatan euy

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

5

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Kemudian di tiap folder komputer si Sukro, ada file berekstensi .exe dengan nama file sama dengan folder yang ada dan mempunyai icon direktori berwarna kuning seperti pada gambar berikut ini:

Gambar 1.3 Folder yang berubah menjadi kelinci… eh berubah menjadi file berekstensi exe maksudnya (garing ih mas-nyah!!)

Wah .. wah .. wah, anda mencatat semua akibat yang ditimbulkan oleh virus di komputer si Sukro, mulai dari manipulasi regedit, manipulasi file, manipulasi msconfig, Menu Folder Options dan lain – lain. Setelah anda mencatat anda membuat program pembersih untuk virus tersebut, karena hanya untuk membersihkan satu virus, program tersebut anda beri nama Antidot. Siang – malam anda di depan komputer, mencoba meramu program untuk memecahkan teka – teki

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

6

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

virus tersebut. Akhirnya malam ke-3, program antidot anda jadi. Dengan semangat yang tinggi anda mendatangi rumah Sukro. Sukro tertidur pulas karena stress memikirkan data skripsi yang hilang karena percobaan virus. Anda menjalankan program antidot yang telah anda buat di komputer Sukro….HOERAAAAAAAAAA!!!!! berhasiil ll, data skripsi Sukro yang hilang akhirnya kembali semua. Sukro terbangun, kaget melihat anda meloncat kegirangan dan berteriak – teriak. “ Sukro, ini data skripsimu Eh kembali semua nih…” kata anda. Sukro melihat ke layar monitor dan melonjak kegirangan. “ Huaaaa!!!!Mak akhirnya Sukro bisa lulus tahun ini….” Sukro kegirangan , sampai tidak sengaja menumpahkan air putih yang ada di meja komputer. Air putih tadi langsung menyiram komputer Sukro yang ternyata tidak dilindungi oleh casing. UPSSS!!!!…sampai disini saja ceritanya. Ini buku komputer mas.. bukan cerita pendek. Nah paling tidak seperti itulah kalau memang anda benar – benar mau membuat antivirus. Jadi posisikan diri anda untuk sementara menjadi dokter, bukan sebagai programmer. Sebenarnya ada beberapa hal penting yang dapat dipetik dari cerita tadi, tentunya yang berhubungan dengan pembuatan antivirus lah…:

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

7

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Menguasai Salah Satu Bahasa Pemrograman Jadi untuk membuat suatu antivirus, usahakan anda menguasai SATU BAHASA PEMROGRAMAN SAJA. Sudah cukup kok tapi dengan catatan harus dikuasai bener – bener. Bukannya ‘ Jack All of Trades’ Atau . menguasai beberapa bahasa programming tapi tidak dikuasai bener – bener. Nah itu susahnya. Istilahnya kita lebih baik mempunyai satu tombak yang dapat melubangi kayu, besi, baja maupun barang – barang lain, dibanding kita mempunyai parang, pedang, tombak tapi hanya dapat menghancurkan kayu. Betulkan??? Halah halah … kok jadi ngaco’ gini saya. Oke lanjut. Jadi kalau misalnya menguasai VB ya gak masalah, Delphi oke aja, C++ apalagi ato assembly lebih bagus. Pokoknya mending ditekuni satu aja. Tapi kalau mau beralih, maksudnya belajar yang lainnya (dengan catatan harus mendalami) ya nggak masalah gitu… Mengerti Tentang System Operasi Windows Nah untuk yang satu ini wajib yak, karena antivirus yang akan dibuat adalah untuk system operasi MS Windows. Kalau yang lainnya, ya maap dulu… ntar aja belajarnya yah .. soalnya buku ini khusus membahas programming di Windows. Yang pasti tau tentang Registry Windows, Keamanan di Windows, cara meng-copy,

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

8

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

menghapus, pokoknya memanipulasi file lah. Dan yang terpenting adalah mengetahui daerah serangan virus. Jadi sebenarnya virus komputer sama dengan virus manusia. Jadi kalau virus manusia, misalnya influensa menyerang sistem pernafasan, virus diare menyerang sistem pencernaan atau virus Raja Singa (penyakit kelamin), menyerang sistem reproduksi, Nah ini sama dengan virus komputer, misalnya virus kangen menyerang file – file Microsoft Word, virus Brontok menyerang direktori dan regedit, begitu pula virus nobron dan mybron. Atau virus hallo.roro.htt yang menyerang komputer dengan membuat file sampah yang jumlah ukurannya terkadang sampai 600 - 700 MB. Sama kan…. Nah untuk lebih jelasnya mari kita mencoba menyelami sitem operasi windows beserta celah – celah keamanan. Seorang pembuat virus sama seperti seorang jenderal atau seorang dokter. Seorang dokter harus tau virus – virus yang menimbulkan penyakit tersebut menyerang di syaraf mana saja, menular lewat apa dan membuat sakit bagian tubuh mana saja. Dan seorang jenderal juga harus tau daerah mana saja yang akan diserang musuh – musuhnya. Demikian juga pembuat antivirus, harus tau daerah sistem operasi mana saja yang rentan serangan dan … ya pokoknya yang sering diserang lah…mau tau…baca saja sub bab selanjutnya di bawah ini…OK!

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

9

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Daerah – Daerah RAWAN Serangan Virus Yah yang namanya virus ya…sukanya merusak dan merangsek (masuk dengan paksa…) kayak komik – komik silat Pedang Mahadewa, Tiger Wong, Tapak sakti…hush hush hush!Maksudnya yang namanya virus pasti berusaha untuk masuk ke sistem yang ada di komputer kita. Gunanya mas? Ya untuk mengunci sistem, memanipulasi dan mengganti sistem tersebut agar virus dapat lebih leluasa berkembang biak. Lalu bagaimana langkahnya kok si virus itu bisa sampai masuk ke sistem komputer kita?nah untuk menjawab pertanyaan ini baca paragraf berikut ini. Biasanya virus menyerang sistem yang ada di komputer kita yaitu:

Registry Registry windows???ada yang belum tahu

yah!!!!!Registry windows adalah suatu database untuk menyimpan dan mengatur sistem di windows. Untuk lebih jelasnya BACA BUKUNYA!!!Banyak kok, yang jelas kalau

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

10

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

bermain-main dengan registry sangat asyik sekali, bisabisa anda terhanyut dan tenggelam di dalamnya (maaf saya mengutip judul dari pak Tri Amperiyanto, mohon diizinkan pak, terima kasih). OK…kalau ada yang belum tau coba klik start -> run -> ketik ‘ regedit’(tanpa tanda petik). Nah akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini :

Gambar 1.4 Gambar Registry Edit pada MS Windows

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

11

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Key Registry Key Registry dilambangkan dengan dari 5 Kunci utama, yaitu: . Key Registry terdiri

-

HKEY_CLASSES_ROOT atau biasa disingkat HKCR HKEY_CURRENT_USER atau biasa disingkat HKCU HKEY_LOCAL_MACHINE HKLM atau biasa disingkat

-

HKEY_USERS atau biasa disingkat HKU HKEY_CURRENT_CONFIG atau biasa disingkat HKCC

Gambar 1.5 Key Registry Di Windows Di tiap – tiap registry utama terdapat key utama terdapat key anak yang berguna untuk menyimpan value.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

12

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Gambar 1.6 Key Registry HKEY_CURRENT_CONFIG yang mempunyai key anak Nah dari gambar di atas kita dapat melihat HKEY_CURRENT_CONFIG mempunyai anak yaitu: Key Software Key Sytem

Dan Key System mempunyai anak lagi yaitu : Current Control Set

Kemudian Key Current Control Set mempunyai anak lagi: Key Control Key Enum

Dan seterusnya…saya capek euy…ngerti kan…(He-eh heeh)…Nah kalo blum ngerti BACA BUKU REGISTRY WINDOWS aja…ok…jalan jalan, cuci mata ke toko buku sambil melihat awewek – awewek keliaran..

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

13

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Value Value di sini adalah isi dari key yang ada di registry windows. Maksudnya??? Begini coba klik anak dari key utama sampai anda menemukan isi dari key anak yang paling terakhir pasti ada penampakkan seperti gambar di bawah ini kan, walaupun beda tulisannya ya gpp, kalau pada gambar di bawah ini hanyalah contoh dari value :

Gambar 1.7 Contoh dari value registry

Value terbagi 3 jenis yaitu: DWORD dengan jenis angka atau integer STRING dengan jenis karakter (huruf) atau kalimat BINARY dengan jenis angka biner

Sebenarnya ada jenis – jenis lain tetapi jarang dipakai dalam registry itu sendiri.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

14

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Sekarang kita akan coba membahas sedikit tentang registry di windows tersebut.

Alamat Registry Registry sendiri mempunyai alamat yang berguna untuk mengatur konfigurasi pada windows, misalnya: Alamat registry: HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\Curre ntVersion\Run\ Berguna otomatis Alamat registry: HKEY_CURRENT_USER \Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Adv anced\ Berguna untuk memanipulasi kode explorer Alamat registry: HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\ untuk menjalankan suatu aplikasi secara

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

15

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Berguna untuk memanipulasi drive penginstalan, Lisensi pada Windows. Beberapa alamat di registry sangat riskan sekali jika diubah-ubah, terkadang hal tersebut menjadi “ senjata makan tuan”jika kita tidak berhati – hati dalam pengubahan registry tersebut.

Registry yang paling sering dijadikan sasaran virus Wah wah wah dari bab-nya saja sudah jelas maksudnya…ini nih alamat registry yang biasa di exploitasi oleh virus lokal. Paling tidak jika kalian menemukan virus lokal, sebaiknya cek di alamat registry ini:

Registry pemicu virus Registry pemicu ini berguna untuk memicu file virus, sehingga virus otomatis akan aktif jika windows masuk. Alamat: HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run\

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

16

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Di sini neh biasanya virus bercokol, maksudnya di alamat registry ini biasanya digunakan oleh programmer virus untuk memicu program virusnya secara otomatis. Misalnya pada virus kangen alamt registry : HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\C urrentVersion\Run Di isi oleh string NvsSchd, sehingga penampakkannya seperti pada gambar di bawah ini:

Gambar 1.8 Pemicu registry pada virus kangen Ngerti kan….nah untuk virus lain coba cari sendiri aza…..okeh!!!!!

----------------PENANGGULANGAN--------------------Hapus key registry yang mencurigakan di alamat tersebut, untuk mempermudah penghapusan coba deh install

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

17

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

System Mechanic kemudian klik Optimize dan pilih Start Up Manager. -----------------------------------------------------------Registry penyembunyian Extensi file Pada alamat registry ini biasanya digunakan untuk menyembunyikan extensi file. Ngerti??? Kurang jelas mas…okeh coba liat gambar di bawah ini:

Gambar 1.9 Extensi file terlihat di Windows Explorer

Nah pada gambar 6 Extensi file masih dapat terlihat. Yaitu file winword dengan extensi file ICO dan file wepkeys dengan extensi file txt. Biasanya virus menyembunyikan extensi file tersebut, agar user tertipu, seperti yang dilakukan oleh w32.rontokbro atau w32.kangen, dan virus lainnya. Lalu di mana alamat registry-nya??? Ya di sini

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

18

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

(sambil menunjuk jidat pembaca..), enggak kok..liat aja di bawah ini Alamat: HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explor er\Advanced\ Key : HideFileExt Value : 1 Jika extensi file disembunyikan, maka penampakkanya akan seperti pada gambar berikut:

Gambar 1.10 Extensi file tidak terlihat di Windows Explorer

Extensi file winword dan wepkeys tidak terlihat.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

19

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

----------------PENANGGULANGAN--------------------Jika extensi file tidak terlihat, anda harus menuju ke alamat registry dan mengubah value registry tersebut menjadi 0. Atau buka windows explorer kemudian klik tools->folder option->view-> hilangkan tanda pada “ Hide extension for known file types” . ------------------------------------------------------------

Registry penyembunyian file yang beratribut hidden Alamat registry ini berguna untuk menyembunyikan file yang ber artribut hidden. Jadi untuk mempertahankan kelangsungan dengan hidupnya, file virus menyembunyikan hidden. diri mengeset beratribut Walaupun

sebenarnya ada tehnik lain, yaitu dengan membuat nama file utama virus mirip dengan nama system file di windows, misalnya : Pada virus brontok menggunakan nama file svchost, lsass, csrss, dan lain – lain, nama file tersebut mirip dengan nama file system yang ada pada windows.

-

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

20

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

-

Pada virus riyani_jangkaru menggunakan nama file xpshare Pada virus kangen nama file virusnya adalah NvsScd

-

Nah alamat registry untuk menyembunyikan file yang beratribut hidden tersebut adalah: Alamat: HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explor er\Advanced\ Key : Hidden Value : 0 Untuk jelasnya, coba lihat gambar berikut ini :

Gambar 1.11 File beratribut hidden

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

21

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

File yang beratribut hidden pada windows explorer ditandai dengan icon yang kabur atau “ blaur” bahasa jawanya. Nah file tersebut dapat disembunyikan dengan alamat registry di atas tadi. Sehingga pada windows explorer nanti file msdos.sys tidak akan terlihat…ngerti kan…nah begitu juga file virus. File virus tidak akan terlihat karena file tersebut di-set dengan atribut hidden. ----------------PENANGGULANGAN--------------------Jika kalian tidak menemukan file virus yang beratribut hidden, ubah value pada registry tersebut dengan nilai 1. -----------------------------------------------------------Registry Pengunci regedit (Registry Edit) Registry ini berguna untuk mengunci regedit yang ada di windows. Sehingga bila kita mencoba masuk ke registry, maka akan timbul pesan sbb :

Gambar 1.12 Pesan kalau registry edit telah terkunci

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

22

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Alamat : HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies \System\ Key : DisableRegistryTools Value : 1

----------------PENANGGULANGAN--------------------Nah agar regedit dapat dibuka kembali ubah hapus nilai registry tersebut. LOH MAS KAN KITA GAK BISA MEMBUKA REGEDIT-NYA, GIMANA KITA BISA MERUBAH NILAI REGISTRY ITU???HU…!!!Sabar sodara…sabar…kalo gak bisa ya buka pake vbscript atau program pembongkar kunci regedit donk…makanya beli buku saya yang pertama (halah! Promosi lagi…hehehehehe!) -----------------------------------------------------------SYSTEM EDITOR (SYSEDIT) Selain virus menyerang daerah registry, virus juga menghajar Sysedit atau sistem editor yang ada di MS Windows. Mmmmm……System Editor itu apamas???oke saya jelaskan…System Editor atau yang biasa disingkat dengan Sysedit adalah file – file tertentu yang dijalankan

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

23

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

ketika komputer masuk ke windows pertama kali. Ya seperti regedit. Sysedit ini biasanya masih banyak dipakai di Sistem Operasi Windows lama seperti win95, Win98, Win 3.1…jadi walaupun memang sudah lama…tapi secara tidak langsung berpengaruh juga pada user yang memakai Sistem Operasi Windows XP. Coba untuk melihat sysedit klik Start->Run -> Ketik sysedit . Maka akan muncul seperti pada gambar berikut ini…

Gambar 1.13 Sysedit (System Editor) pada Windows

Walahhhh…apa ini maksudnya…ntar ntar sabar…dengar penjelasan saya dulu. Jadi sebenarnya dalam sysedit ini kita bisa memanipulasi file yang pertama kali dieksekusi oleh windows ketika windows berjalan di komputer anda. File – file tersebut adalah :

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

24

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

-

Config.sys

Config.sys adalah file yang memuat tentang seluruh konfigurasi windows dan dijalankan ketika pertama kali windows mulai. Letak file ada di drive C:\ dan mempunyai atribut file system dan hidden. Autoexec.bat

-

Autoexec.bat adalah file yang berisi perintah yang ada di komputer dan akan dijalankan pertama kali ketika windows berjalan. Letak file ada di drive C:\ dan mempunyai atribut file system dan hidden. Coba Untuk membuktikannya, buka file Autoexec.bat ini kemudian ketik: Dir c: > c:\coba.txt Lalu simpan dan restart komputer anda, apa yang terjadi? Nah coba cek di drive c: di komputer anda, pasti ada file coba.txt, karena pada perintah di atas autoexec.bat menjalankan perintah windows yaitu ‘ dir’ dan menyimpannya ke file coba.txt di drive c. Kalau masih kurang percaya, coba buka file coba.txt yang anda buat terletak di drive c:, isi file ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini:

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

25

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Gambar 1.14 Isi file coba.txt Nah coba sekarang buka autoexec.bat lagi kemudian ketik: Format c: Del c:\windows\*.* Kemudian restart komputer anda..heheheh..eh

JANGAN – JANGAN…ini berbahaya…soalnya ketika anda merestart komputer maka ketika pertama kali menjalankan dihapus isi autoexec.bat, file-nya komputer atau anda di akan format

abisss….hehehehe…nah virus kadang menulisi file autoexec.bat atas untuk membuat pusing user.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

26

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

-

Win.ini Win.ini juga sebuah file yang dieksekusi pertama kali oleh windows. File ini berisi tentang aplikasi 16 bit yang di-support oleh windows. System.ini System.ini adalah sebuah file yang berguna untuk menyimpan data font yang diakses oleh windows ketika pertama kali.

-

MSCONFIG Waduh.. apalagi dunk nih saya msconfig jelasin lagi

mas???huehehehe…sabar

yah…MSCONFIG sebenarnya sebuah aplikasi, nah dari aplikasi MSCONFIG, seluruh file system editor (sysedit) tadi dijalankan. Coba sekarang klik Start-> Run -> ketik msconfig kemudian enter. Maka akan muncul apliaksi seperti pada gambar berikut :

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

27

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Gambar 1.15 MSCONFIG pada Windows

Nah sekarang coba klik salah satu bar yang ada di aplikasi MSCONFIG tersebut. Misalnya klik bar ‘ SYSTEM.INI’maka akan muncul gambar seperti di bawah ini kan:

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

28

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Gambar 1.16 Bar SYSTEM.INI yang ada di MSCONFIG

Nah yang kalian liat itu adalah daftar file yang dijalankan oleh SYSTEM.INI ketika windows berjalan pertama kali. Tapi para virus biasanya menggunakan MSCONFIG ini untuk menjalankan program virus mereka secara otomatis, yaitu dengan memanipulasi bar startup. Misalnya virus hallo.roro.htt memanipulasi startup dengan memberi cara menulis script di startup: load = c:\windows\system\syssrv.exe

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

29

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Maka di aplikasi MSCONFIG pada bar Startup akan muncul penampakkan seperti pada gambar berikut:

Gambar 1.17 Virus hallo.roro.htt pada msconfig di bar startup

----------------PENANGGULANGAN--------------------Hapus saja yang ada di startup file – file yang dicurigai, jangan takut salah, buntut-buntutnya kalo salah palingan Cuma nginstall ulang kok :-p buehehehe! ------------------------------------------------------------

DIREKTORI – DIREKTORI YANG SERING MENJADI INCARAN VIRUS Incaran?…apaan tuh??emang pacara…hehehehe!…ya sebenarnya hal sepele tapi perlu sih…kenapa??Soalnya kita kudu tau dimana para file induk virus itu bercokol. KIRA KIRA DIMANA ANAK ANAK????Di direkctory c:\windows pak guru….iya bener….dapet permen satu…hush! Jadi memang para file induk virus itu ada di

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

30

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

c:\windows terkadang juga di c:\windows\system32…terus gimana caranya membedakan file system windows dengan file virus, apa harus dihapalin mas????waduh itulah…memang sebenarnya susah, mo dihapalin terlalu banyak, mo di gak dihapalin gimana?susah yah…JADI GAK ADA PENANGGULANGANNYA DUNK…tenang – tenang mungkin pencegahannya ada. Jadi yang harus anda lakukan, adalah menampilkan extensi file di windows explorer. Caranya dah tau kan…ada di atas kok…baca aja …ok…

----------------PENANGGULANGAN--------------------Tampilkan extensi file di dengan cara me-nyetting-nya di tools->folder options-> view-> hilangkan tanda pada “ Hide extension for known file types” . ------------------------------------------------------------

Cara Kerja Antivirus
Cara kerja program – program penghapus virus ini kebalikan dari program virus itu sendiri, yaitu mendeteksi apakah file terkena virus atau tidak, jika ya maka antivirus akan menindaklanjuti file tersebut yaitu dengan

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

31

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

mengkarantina,

menghapus,

atau

memperbaikinya.

Ilustrasi tersebut bisa dilihat pada gambar berikut :

Antivirus

Mencari file yang terinfeksi

sehat.doc

virus sehat.doc

Mencari file yang terinfeksi lainnya

Antivirus

Gambar 1.18 Illustrasi virus III

Contoh Nyata Cara Kerja Antivirus Nah untuk mengerti suatu cara kerja antivirus, kita tidak perlu bersusah – susah untuk memahami teori di atas, susah euy…bener gak…sekarang ambil saja cara kerja anti virus WAV atau Wedash Anti Virus 2005.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

32

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Proses aplikasi mengenali suatu file sebagai virus :

(4)

(1)

File: a.txt Ukuran : 1 byte Checksum : E8B7BE43

(3) (5)

(2)

Gambar 1.19 Proses Pendeteksian Virus lewat aplikasi Wedash Anti Virus 2005

Proses pendeteksian melalui aplikasi: (1) Aplikasi mendeteksi a.txt meminta informasi ukuran file dan menghitung checksum crc32. (2) File memberikan informasi besar file sehingga aplikasi dapat menghitung checksumnya dengan metode crc32 dan didapatkan hasilnya E8B7BE43 .

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

33

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

(3) Aplikasi meminta informasi ke file signature.db apakah checksum E8B7BE43 yang menjadi penanda file a.txt ada dalam virus list. (4) Signature.db memberikan informasi tentang checksum tersebut bahwa a.txt adalah virus. (5) Aplikasi menampilkan alert bahwa a.txt adalah virus. Jika pada signature.db tidak terdapat checksum yang dimaksud maka aplikasi akan melanjutkan pencarian ke file lain.

FLOWCHART DAN ALGORITMA Okehh.. sekarang kita coba untuk memahami flowchart dan algoritma. Belum tau flowchart and algoritma????plizzz deh!!!! Kalo belum tau baca aja di buku I (Seni Programming virus menggunakan VB) halah…promosi…lanjuttt…

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

34

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

FLOWCHART

Start
Aplikasi Mengecek file dengan mengambil nama dan ukuran file untuk dihitung nilai CRC32

Aplikasi melihat ke file signatures.db untuk membandingkan apakah nilai crc32 file ada di list virus (signatures.db)

Apakah Nilai CRC32 file ada di list virus (signatures.db)

T

Y
Musnahkan/Karantina File Virus

Apakah file yang dicari habis?

T

Y
SELESAI

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

35

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

ALGORITMA

Sedangkan algoritmanya atau penjelasan dari flowchart di atas adalah sebagai berikut: 1. START 2. Aplikasi Mengecek file dengan mengambil nama dan ukuran file untuk dihitung nilai CRC32 3. Aplikasi melihat ke file signatures.db untuk membandingkan apakah nilai crc32 file ada di list virus (signatures.db) 4. Apakah Nilai CRC32 file ada di list virus (signatures.db)? a. jika tidak langsung ke nomor 5 b. jika ada langsung ke nomor 6 5. Musnahkan/Karantina File Virus 6. Apakah File yang dicari Habis? a. Jika ya langsung ke nomor 7 b. Jika tidak kembali ke nomor 2

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

36

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

KONSEP DASAR DARI ANTIVIRUS Jadi sebenarnya untuk membuat antivirus kita harus berpegangan dengan konsep membuat kue…maksudnya, jika ingin membuat kue harus ada: 1. Resep Kue Berisi Tentang resep – resep kue 2. Alat untuk membuat Kue Seperti mixer, pengocok telur, penggorengan dan lain – lain 3. Koki Yang memasak kue tersebut Sedangkan jika diimplementasikan ke pembuatan antivirus, maka harus ada tiga komponen yang diperhatikan: 1. List Virus atau Daftar Virus (database virus) Daftar virus yang dimaksudkan disini adalah database virus, yang berisi nama virus, sidik jari virus dan jenis virus. Norton, Mcafee, AVG atau antivirus lainnya pasti mempunyai database virus. Pembuktiannya adalah … APAKAH KALIAN SERING

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

37

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

MENGUPDATE VIRUS LIST LEWAT INTERNET? Nah itu sebenarnya kalian sedang melakukan peng-update-an database virus. Bedanya kalau database virus untuk antivirus komersial biasanya dibungkus oleh packer atau kriptografi dari aplikasi antivirus itu sendiri. Tujuannya jelas dong, untuk merahasiakan source code atau informasi list virus tersebut.

Gambar 1.20 Update antivirus lewat internet

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

38

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

2. Aplikasi proses (aplikasi antivirus) Maksudnya disini adalah aplikasi pencari sidik jari atau pemusnah virus. Dalam hal ini bisa untuk dimisalkan seperti Aplikasi Norton, McAfee atau antivirus lainnya yang berguna menghilangkan file virus

Gambar 1.21 Aplikasi Proses

3. User yang mengoperasikan Nah kalau user jelaskan pengandaiannya adalah koki, kalo ada list virus, ada aplikasi virus tapi gak ada yang mengoperasikan, ya sama aja toh….antivirus gak bisa jalan….ya gak…

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

39

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Tiga program hilang…wah

komponen Jiuka program

diatas salah

wajib satu belum

dipunyai bisa

oleh

antivirus.

komponennya dibilang

tersebut

antivirus dong. Ya sama seperti unsur di dunia ini, ada 5 unsur yah (kalau gak salah). Air, Api, Tanah, Udara dan Mahluk Hidup. Jika bergabung kelima unsur tersebut, maka akan menjadi ALAM. Tapi jika salah satu unsur itu hilang…wahhhhh…mana bisa jadi ALAM…tul gak???? ? Ya samalah seperti pembahasan di atas, salah satu unsur hilang tidak akan bisa disebut sebagai Program Anti Virus.

STRUKTUR KODE ANTI VIRUS Seperti program lainnya, bahkan seperti virus, antivirus mempunyai struktur tersendiri. Dan kode antivirus tersebut wajib dipunyai oleh suatu program antivirus. Seperti manusia, yang dinamakan manusia (yang normal maksudnyahhh!!!) wajib mempunyai, tangan, kaki, lidah, kepala, badan dan alat kelamin. Kalau manusia tidak mempunyai alat kelamin, MANA BISA DISEBUT MANUSIA…betul kan….nah sama seperti antivirus, harus

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

40

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

mempunyai kode aplikasi, kode metode, kode virus list dan kode manipulasi. Let’ check it out penjelasannya… s 1. Kode Aplikasi Kode aplikasi disini maksudnya adalah kulit luar dari antivirus. Yaitu kode yang membentuk aplikasi luar antivirus ingin seperti apa. Misalnya kita ingin membentuk antivirus dengan rancangan form seperti gambar di bawah ini:

MENU UTAMA
Home

Deteksi

Karantina

Hubungi Saya

IMAGE

Keluar

Gambar 1.22 DesainTampilan Menu Utama

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

41

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

Maka kita harus menyiapkan rancangan form dan pengkodean dari aplikasi tersebut. Perancangan form dan kode aplikasi ini sangat perlu. Agar antivirus kita dapat dikembangkan dan yang pasti harus user friendly. Maksudnya dapat dioperasikan dengan mudah oleh user yang bersangkutan. 2. Kode Metode Apalagi neh??? Maksud kode metode adalah dengan metode apakah si virus ini ingin dideteksi, apakah metode crc32, atau metode pemeriksaan anama file, atau metode pemeriksaan isi dari file yang dicurigai. Ada beberapa metode yang dapat dipakai untuk mendeteksi file yang dicurigai sebagai virus, yaitu :

METODE NAMA dan UKURAN FILE Pencarian virus dengan metode nama dan ukuran file yang sama maksudnya mencocokkan nama dan ukuran file, maksudnya gini loh. Misalnya virus hallo.roro.htt , mempunyai file virus dengan nama hallo.roro.htt dengan

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

42

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

ukuran 212 kb. Maka jika kita menggunakan metode ini antivirus akan mencari file dengan nama hallo.roro.htt dan mempunyai ukuran 212 kb. Banyak sekali kelemahan dari metode ini, yaitu: 1. Jika ada file dengan nama dan ukuran yang sama tetapi file tersebut adalah file system,…nah…gimana pertanggung

jawabannya…apakah file tersebut akan dianggap sebagai file virus???seharusnya tidak kan. Contoh nyata file desktop.ini dengan ukuran 1 kb. Virus hallo.roro.htt juga menelurkan atau membentuk file virus desktop.ini di setiap folder…ukurannya sama 1 kb tetapi isinya lain. Otomatis jika kita memakai metode ini file system desktop.ini pasti akan dianggap sebagai virus dan akan dihapus. 2. Terkadang file virus berubah – rubah namanya. Contohnya virus brontok. Pada komputer yang terjangkit brontok, file virus yang ada di setiap folder, mempunyai nama sesuai dengan folder yang ditulari. Misalnya folder A, di dalam folder A akan ada file virus A.exe dengan ukuran 463kb, dan di folder B akan ada file virus B.exe dengan ukuran 463 kb juga. Maka jika file virus A.exe

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

43

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

sudah

dianggap

antivirus

sebagai

virus,

bagaimana file B.exe????? 3. Pendeteksian terlalu lambat jika memakai metode ini. Padahal mau produk tidak virus mau luar kita yang harus dapat mengalahkan

menscan file 150MB dalam waktu 3 menit.

METODE PEMERIKSAAN ISI FILE Metode ini mungkin lebih baik dari metode di atas sebelumnya, yaitu mendeteksi file virus dengan memeriksa isi dari file tersebut, sehingga kita tidak perlu membandingkan nama dan ukuran file. Tetapi metode tersebut juga mempunya kelemahan, yaitu lambat…jika ingin cepat atau anda ingin memakai metode ini, anda harus mengusai bahasa tingkat rendah atau bahasa rakitan atau kerennya bahasa Assembly. Yah padahal buku ini hanya membahas pembuatan antivirus menggunakan bahasa tingkat tinggi sekaleeeeeeee atau visual basic…giman dunk?????? Nah biar ada solusinya lebih baik kita memakai metode selanjutnya…okeh…

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

44

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

METODE CRC32

Nah metode inilah yang paling cocok untuk digunakan dalam bahasa tingkat tinggi atau visual basic. Metode crc32 ini adalah mendeteksi virus dengan acuan nilai crc32-nya. Nilai crc32 adalah nilai yang didapat dari besar file dan nama file yang dibandingkan dengan tabel crc32 yang sudah ada acuannya. Sehingga sangat kecil sekali kemungkinan dua file yang berbeda mempunyaiu nilai crc32 sama, kemungkinannya 0,000000000000001%. Dan kesalahan penghitungan nilai crc32 oleh aplikasi antivirus sangat kecil pula. Nah untuk itulah nilai crc32 ini dapat dikatakan sebagai sidik jari file. Sama seperti sidik jari manusia….sangat kecil sekali kan kemungkinannya sama. Paling 0, 000000000000001% lah. Kalau gak percaya coba aja cari di dunia ini, ada enggak kira – kira yang sama sidik jarinya???? Metode ini juga dipergunakan untuk mendonlot file dari internet. Jadi sistemnya seperti ini, file yang akan didonlot diperiksa terlebih dahulu nilai crc32 nya oleh komputer pendonlot, kemudian disimpan didalam memory komputer pendonlot. Nah setelah file selesai di donlot, nilai crc32-nya dibandingkan dengan nilai crc32 sebelumnya, apakah sama atau tidak, jika tidak maka file yang telah didonlot itu rusak, tetapi jika nilai crc32 nya

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

45

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

plek sama persis, maka file tersebut tidak rusak…gitu deh..Nah untuk CRC32 ini akan dibahas secara gamblang di bab selanjutnya okeh… sabar yak!!!!

3. Kode Virus List (Database Virus) Kode ini berguna untuk memanipulasi database virus yang berisi list virus atau daftar file yang dicurigai sebagai virus. Yah istilahnya daftar tersangka lah…ngerti kan. Database virus ini sebaiknya dapat di-update atau ditambah…kalau dikurangi rasanya…gak mungkin lah yaw…soalnya makin lama virus ya makin bertambah banyak dan booming…apalagi sekarang sedang bertaburan buku cara membuat virus…hihihihihihih! 4. Kode Manipulasi File Kode manipulasi file disini virus, berguna maksudnya untuk untuk memanipulasi

menangani file virus yang telah terdeteksi. Yah seperti maling…kalau anda sudah terdeteksi oleh polisi sebagai maling, maka polisi pasti menindak lanjuti kan… gak mungkin hanya berdiam diri. Nah sama seperti aplikasi antivirus…ketika ada file yang terdeteksi sebagai virus, maka apliaksi

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

46

FULL Tutorial Pemrogaman Antivirus Menggunakan VB

antivirus akan menindak lanjuti apakah dihapus, dikarantina atau diperbaiki. 5. Kode Penghentian Proses Virus Kode ini berguna untuk menghentikan proses yang dijalankan oleh virus. Setiap virus itu biasanya ada file induk virus yang selalu menjalankan proses virus. Misalnya melakukan ping ke suatu situs atau menggandakan dirinya sendiri. Nah untuk menghentikan proses tersebut, maka harus ada kode kill process. MENGAPA PROSES HARUS DIHENTIKAN???Karena kalau kita ingin menghapus suatu file, mau tidak mau file tersebut tidak boleh berjalan atau sedang melakukan proses di komputer. Jika masih melakukan proses maka file tersebut tidak dapat dihapus. 6. Kode Perbaikan System Virus yang menjangkiti komputer anda pasti akan menulis ke registry windows komputer anda, dan memanipulasi windows explorer, seperti menu folder option disembunyikan atau menu run, find disembunyikan. Nah agar system windows berjalan normal lagi maka sebuah antivirus harus memiliki kode untuk memperbaiki system.

Antivirus, Konsep dan Pengertiannya

47

Comments

Popular posts from this blog

Install Web Server

Install Web Server Hemat Resource menggunakan Nginx+PHP+MySQL+Debian Mau share tutor cupu nih, biar saya gak lupa. Ehmm... temen2 mungkin udh gak asing lg ama Apache, apalg yg terbiasa pake web server instant (XAMPP). Tp tau gak, klo Apache itu sangat boros resource!. Buat yg punya budget gede sih gak masalah bisa beli server dng spek tingging, tp gmn dng yg budgetnya pas2an seperti saya ini? mau gak mau harus cari akal. Salah satunya adalah menggunakan Nginx. Berikut tutornya. NOTE: Saya menggunakan Debian utk OS nya, utk OS/distro lain belum coba. Warna merah: adalah error yg mungkin terjadi saat installasi Warna biru: adalah file2 penting atau lokasi penting yg harus di edit/tambah Code: code spoiler : adalah perintah2 yg saya ketikan FAQ QUESTION: Kenapa gak pake XAMPP aja yg praktis??? ANSWER: Klo mau yg instant terus, kapan belajarnya... jng manja :) Bismillah... ******************************************************************************** ​*

DOXING, TEKNIK LAIN UNTUK HACKING PASSWORD

Doxing adalah proses mendapatkan informasi tentang seseorang dengan menggunakan sumber-sumber di Internet menggunakan skill lainya. Doxing berasal dari kata "Dokumen" yang di singkat yakni pengambilan "Dokumen" pada seseorang atau perusahaan. Ada beberapa cara untuk mendapatkan informasi pribadi secara online. Metode yang paling populer adalah melalui website yang disebut Pipl . Pipl memungkinkan Anda untuk mencari nama lengkap, email, nama pengguna dan bahkan nomor telepon sekalipun. Sehingga membuat Pipl menjadi alat yang sangat berguna untuk hacker. Sumber lain hacker dapat digunakan adalah melalui situs jejaring sosial Facebook . Tetapi kebanyakan hacker tidak menggunakan Facebook untuk pencarian nama, mereka hanya menggunakannya untuk pencarian alamat email-nya, karena nama sering di singkat atau di palsukan. Tujuan utama Doxing adalah untuk menemukan alamat email target. Sebab, Email pada dasarnya berfungsi sebagai paspor saat mendaftar di s

cara menginstall Video Controller (VGA Compatible) tanpa harus beli baru

cara menginstall Video Controller (VGA Compatible) tanpa harus beli baru ... gw teringat pas gw lagi instal ulang laptop,, pas abis instal gw check semua device2 yg ada...!! ternyata "Video Controller (VGA Compatible) n' Video Controller" gw itu g ada graphics controller na... gara2 saking kesel na mau main game online dan g ada VGA na,, akhir na gw browsing ja buat DL device/driver na,, akhir na gw nemuin juga deh tuh yg buat Win XP...!! gw DL device na,, dan ternyata g harus beli baru...!! ok mau tau kan gmn cara na...?? langsung ja deh....^^ 1. kita browsing dlo lewat google dengan kata kunci: free download VGA compatible for Windows XP/Vista/windows 7 <--- pilih deh tuh salah 1 windows yg dpake ma kalian... nah klo dah ketemu cari yg mau kalian DL,, klo gw sih langsung ambil dr browser download yg dr intel yg muncul lewat google... XP link na: DOWNLOAD CENTER INTEL 2. klo dah ketemu,, kita ambil dan download yg memang untuk windows yg